Atasi tersedak untuk dewasa, balita, dan bayi

Filled under:


Pengertian

Tersedak adalah tersumbatnya trakea seseorang oleh benda asing, muntah, darah, atau cairan lain. Tersedak merupakan keadaan darurat medis.

Pertolongan pertama

Pertolongan pertama untuk tersedak adalah menghubungi rumah sakit atau puskesmas setempat menggunakan nomor telepon darurat, lalu membebaskan obstruksi saluran napas menggunakan perasat Heimlich dan/atau pernapasan buatan. Intubasi adalah prosedur medis lanjutan yang diindikasikan untuk tersedak, yang dapat dilakukan oleh paramedis dalam bidang ini.

Hal yang bisa dilakukan saat orang tersedak adalah:


  1. Tanyakan apakah dirinya tersedak sesuatu, jika masih bisa menjawab dengan jelas maka cukup dampingi saja. Tapi jika tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut segera berikan pertolongan.
  2. Jangan berikan minuman apapun, karena cairan yang masuk tersebut bisa menghambat udara.
  3. Berdirilah di belakang orang tersebut dan letakkan tangan kita di sekitar perut, buatlah kepalan dengan satu tangan dan ibu jari berlawanan dengan perut sementara tangan lainnya menggenggam kepalan.
  4. Dengan gerakan tajam tekan tangan ke atas dan ke dalam perut untuk mengeluarkan benda asing tersebut dari dalam tubuh.
  5. Sebuah tepukan di bagian punggung atau di tulang dada bisa menyebabkan batuk dan mengeluarkan benda tersebut. Benda asing ini harus dikeluarkan dari hypopharynx atau laryngopharynx, karena merupakan bagian dari tenggorokan yang terhubung ke kerongkongan.
  6. Jika benda asing tersebut tidak bisa dikeluarkan dari dalam tubuh, segera larikan ke rumah sakit, sebelum orang tersebut kehabisan nafas.

Gejala klinis
  • Tidak dapat berbicara atau menjerit 
  • Terjadi sianosis (wajah membiru) akibat kekurangan oksigen
  • Penderita nekat memegangi tenggorokannya
  • Batuk melemah, dan pernapasan yang dipaksakan menimbulkan suara hempasan yang tinggi 
  • Orang melakukan salah satu hal di atas, dan mereka pun tak sadar

Atasi Tersedak dengan Heimlich Maneuver 

Heimlich Manuver  adalah pengobatan darurat pertolongan pertama, terdiri dari serangkaian dorongan pada perut di bawah diafragma, digunakan pada seseorang yang tersedak makanan atau benda asing.

Heimlich Maneuver untuk orang dewasa



Heimlich Maneuver untuk balita



Jika bayi tersedak susu


•Tiarapkan bayi kemudian tepuk belakang badan beberapa kali sehingga cairan atau bahan makanan yang menyumbat saluran pernafasannya keluar dari mulut.
•Sekiranya benda asing di dalam mulut bayi tidak keluar, dalam keadaan duduk menghadap ke depan tekan bagian dada dengan menggunakan ujung genggaman tangan secara perlahan. Selain menekan bagian perut, bayi boleh dibaringkan. Kemudian tekan dan pijit bagian dada beberapa kali menggunakan kedua-dua ibu jari sehingga bayi dapat bernafas semula.